PEMASARAN BUKU


PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI

Pertemuan ke-19

Gelombang 25

Ranu, 29 Juni 2022

Judul: Pemasaran Buku

Narasumber: Agus Subardana

Moderator: Sigid Purwo Nugroho


Bismillahirrohmanirrohiim

Hari yang menegangkan hari ini. Rabu, 29 Juni 2022, Untuk mengawali pagi hari saya menyiapkan diri untuk mengikuti tes membaca Quran Tilawati jilid 3. Hampir seminggu saya melatih ucapan supaya fasih dan benar dalam melafadkan huruf hijaiyah. Untuk menunggu waktu pukul 08.00 wib, saya gunakan untuk membuat masakan untuk suami dan anakku, sambil berdoa supaya waktu pelaksanaan ujian nanti saya lulus untuk ke jilid berikutnya. Walau saya merasa kurang sempurna...tapi saya semangat untuk melakukan ujian. seandainya tidak lulus yaaa mengulang. Tidak apa-apa mengulang, karena menurut saya untuk mempelajari ilmu itu selama kita masih hidup akan tetap mencari dan menambah ilmu. Apalagi ilmu agama.

Alhamdulillah waktu sudah terlampaui di pukul 08.00 pagi. Saya berangkat menuju ke tempat saya mengaji. akhirnya saya mendapat giliran yang ke 5 untuk maju diuji oleh Ustadz Majid...danAlhamdulillah lagi, saya dinyatakan lulus ke jilid berikutnya...tapi baaanyaak catatan untuk saya. dan itu saya terima karena memang saya masih banyak kekurangannya dalam melafalkan huruf hijaiyahnya.😊😊😊

Dengan lega hati saya pulang, melanjutkan kebiasaan say yang akhir-akhir ini tidak bisa saya lalikan yaitu ngeblog, karena saya mengikuti tantangan menulis setiap hari yang merupakan tantangan OmJay. 

Pukul 19. 45 menit..belajar menulis untuk pertemuan ke-19 dimulai. Moderator sudah membuka kegiatan tersebut dengan menyapa peserta pelatihan dan pastinya narasumber yaitu bapak S

Bpk Ibu Guru yg saya bangga kan... 

Saya mau bertanya kepada Bpk Ibu Guru di BM Gel 25 & 26 ini ...apakah dari Bpk Ibu yg tergabung Gel 25&26 ini sudah pernah membeli atau membaca terbitan Buku dari Andi Offset ..?


Bapak Agus Subardana




Materi tentang Pemasaran Buku
Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .  Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
Pentingnya Transformasi Digital 
Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar – mengajar ,  kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .

Kami Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link  Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema yang menarik ...

B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1. Toko Buku 
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.

Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
- Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner



2.  Directselling 
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) di setiap wilayah Kota dan Kabupaten. 
Kami Penerbit ANDI Offset mempunya 96 Cabang di Indonesia dari Aceh s.d Jayapura






Penutup dari pemateri

Demikian yang dapat saya sampaikan Strategi pemasaran buku secara singkat , dan masih banyak lagi strategi pemasaran buku yang terus berkembang. Akhir kata kami sebagai “Tenaga pemasarann buku sangat bangga sebagai ujung tombak dalam menyebarluaskan karya – karya tulisan ilmu pengetahuan yang sangat berdampak sekali melalui jalur non formal ikut serta dalam  menceraskan kehidupan bangsa Indonesia”.

Pesan kata penyemangat: dari Narasumber Bapak Agus Subardana

Maka dari itu Menulis adalah berjuang , Penulis adalah Pahlawan yang akan di kenang selama – lamanya..Lembaran karya adalah medan pertempuran, Pena adalah senjatanya.
"Buku adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia”.

Marilah terus berkarya lewat tulisan yg dapat memberikan kebaikan kepada masyarakat... Amin

Penyemangat dari Moderator Bapak Sigit

Satu kalimat motivasi yang saya peroleh dari BM 23 & selalu saya ingat hingga detik ini adalah jangan takut melangkah, karena jarak 1000 mil dimulai dari satu langkah. Bermimpi, percaya dan buat itu terjadi, kita dapat melakukan apapun asalkan kita percaya. Jangan sembunyikan potensimu karena dengan potensi itulah engkau dihargai.


Pertanyaan Saya..
P4
Selamat Malam Bapak Agus, Saya Rumiati dari gel.25. Ingin menanyakan tentang strategi pemasaran buku dipengaruhi oleh dua faktor. Yang ingin saya tanyakan faktor ke-2 tentang faktor makro yaitu demografi, ekonomi, politik hukum, teknologi fisik dan sosial budaya. Apa hubungan antara strategi pemasaran buku dengan faktor tersebut. Terima kasih.

Jawaban melalui VOICE CHAT

Alhamdulillah informasi dari moderator bapak Sigit. bagi yang bertanya malam ini aakan mendapat hadiah buku dari Narasumber dan penerbit ANDI.

Terimakasih Bapak Sigit telah memberikan kesempatan kepada saya, untuk bertanya..dan akhirnya saya mendapat hadiah buku.
 

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer