Menulis Buku dari Karya Ilmiah
PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI
Resume : 4
Gelombang: 25
Rabu,25 Mei 2022
Tema: Menulis Buku dari Karya Ilmiah
Narasumber: Noralia Purwa Yunita, M.Pd.
Moderator: Helwiyah
Rabu, 25 Mei
2022 jadwal pelatihan Belajar Menulis di chat WhatsApp. Sekitar puluk 19.00
fliyer sudah di share oleh Ibu Helwiyah selaku moderayo. Saya download fliyer
tersebut yang nanti saya gunakan untuk dishare di blogg sebagai resume
pertemuan yang keempat ini.
Membaca
komen dari Om Jay bahwa tak terasa sudah pertemuan keempat…benar..kata Beliau yang membuat saya sangat bersemangat untuk mengikuti pelatihan nanti malam. Tak
terasa sudak empat kali pertemuan Pelatihan Menulis PGRI yang diprakarsai oleh OM
Jay dan tim yang solid. Bagi saya yang masih pemula ini, katika akan dimulai
latihannya pasti tegang yang terasa. Namun ada rasa menikmati Ketika memgikuti
arus materi yang disampaikan oleh pemateri dan dipandu oleh moderator. Alhamdulillah ..sehingga saya dapat menyelesaikan
resume setiap selesai pertemuan.
Pertemua
keempat ini membahas tentang Menulis Buku dari Karya Ilmiah yang di sampaikan
oleh Ibu Norlaiha Purwa Yunita, M.Pd. sebagai narasumber dengan moderator bunda
Helwiyah.
Pertemuan malam
ini diawali dengan sapaan yang khidmad dari Ibu Helwiyahdan dilanjutkan
perkenalah diri Beliau. Bahwa Beliau seorang guru SD di Jakarta Timur. Kuliah malam
ini diawali dengan Pembukaan, Paparan Materi, Tanya Jawab, dan Penutup, yang
dimulai pukul 19.00-21.00 wib.
Selanjutnya oleh beliau diperkenalankan profil narasumber yaitu bunda Norlaiha Purwa Yunita, M.Pd. disertai hasil karya beliau.
Perempuan bernama lengkap Noralia Purwa Yunita, M.Pd ini lahir di Kudus, 12 Juni 1989. Dia putra pertama dari dua bersaudara dengan ayah bernama Ali Achmadi, S.Pd dan ibu Noor Fatkhiyah, S.Pd.SD. Pernah mengambil kuliah program sarjana di Univeritas Negeri Semarang yang kemudian dilanjutkan program magister pendidikan di Universitas Negeri Semarang. Saat ini penulis bekerja sebagai pengajar di SMP Negeri 8 Semarang. Selain mengajar, juga aktif menulis di blog dan tergabung dalam komunitas sejuta guru ngeblog, penulis baru di Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan, penulis di Penerbit Andi Offset, penulis dan Ambassador di penerbit Innovasi Publishing, salah satutim admin di website guru penggerak, Pengurus pena guru di yayasan guru nusantara, anggota komunitas koordinator virtual Indonesia (KKVI), anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran Prakarya dan IPA, serta Pembiombing Ekstrakurikuler KIR SMP.
Dan dipaparkan segudang hasil karya menulis Beliau, yang waauuu hebat sekali menurut saya. Ingin rasaya mengikuti jejak Beliau..
Materi Menulis Buku dari Karya Ilmiah malam ini diawali dengan
Bagaimana cara mengubah karya ilmiah kita menjadi sebuah buku, untuk itu disarankan agar kita membedah skripsi kita.
Sesi 1. Menulis Buku dari KTI
Mengapa harus BUku?
1. Lebih bermakna dan bermanfaat
Buku dapat dibaca siapa saja sehingga bermanfaat untuk siapa saja
2. Keuntungan materi. Sebagai bonus tersendiri kita mendapat royalti jika buku kita sudah laku terjual
3. Hasil penelitian akan tersebuar luas, dapat diakses oleh banyak pihak
4. PAK
sangat berguna bagi ASN untuk proses kenaikan pangkat
Bagaimana cara mengubah KTI menjadi buku?
1. Ubah judul KTI yang terkesan kaku dan ilmiah menjadi judul yang populer yang menarik dan eye catchingBiasanya untuk beberapa karya ilmiah, daftar isi berupa
BAB 1 Pendahuluan berisi latar belakang masalah, tujuan, manfaat, batasan masalah
BAB 2 landasan teori
Bab 3 metode penelitian yang berisi rumus2 statistika
Bab 4 hasil dan pembahasan
Bab 5 penutup yang berisi kesimpulan dan saran.
Namun ketika diubah menjadi BUKU, daftar isi menjadi : (ikuti pedoman 2W+1H)
Bab 1 (why) menjelaskan pentingnya, alasan penggunaan metode itu untuk pembelajaran. Masalah pembelajaran Sains selama ini, dll
Bab 2 (APA) Menjelaskan apa itu, karakteristik, ciri khas, dari metode/media/model yang menjadi fokus dari tulisan
Bab 3,4,5, dan seterusnya ( How ) menjelaskan bagaimana tahap pembuatan, bagaimana hasil pembuatan, bagaimana penerapannya.
Boleh juga mengembangkan materi dari bab 2 di KTI.
Sebagai contoh jika bab 2 KTI yang merupakan landasan teori ternyata berisi
2.1. hasil belajar
2.2. media pembelajaran
2.3. Modul
2.4. metode pembelajaran
2.5 pembelajaran berbasis riset
ketika menjadi buku dapat dibuat menjadi beberapa bab yaitu
Sub bab 2.1. hasil belajar menjadi bab 2 buku
Bab 2 TEORI BELAJAR
2.1. belajar
2.2. permasalahan dalam pembelajaran
2.3. Hasil belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya
Sub bab 2.2. media pembelajaran menjadi bab 3 buku
Bab 3 MEDIA PEMBELAJARAN
3.1. Pengertian media
3.2. jenis media
3.3. manfaat media
Sub bab 2.3. modul menjadi bab 4 buku
Bab 4 MENGENAL MODUL
4.1.pengertian modul
4.2. karakteristik modul
4.3.sistematika modul
4.4. kelebihan modul dan seterusnya
4. Pada Bab 1 karya Ilmiah yang biasanya menuliskan tentang, Rumusan masalah,tujuan penelitian, manfaat penelitian, definisi operasional, dan hasil penelitian terkait akan dihapus ketika mengonversikannya ke dalam sebuah buku.
5. Secara Kebahasaan dan penyajian,karya ilmiah versi buku berbeda dengan versi laporan. Susunan dan gaya tulisan bebas terserah penulis, karena setiap penulis memiliki kreativitas masing-masing sesuai dengan pengalaman dan bahan bacaannya.
6. Kaitkan dengan kondisi terkini
7. Daftar pustaka boleh dari blogg resmi
8. Berikanlah ulasan kelebihan dan kelemahan penelitian yang kita lakukan agar pembaca yakin bshwa kita memang benar telah melakukan peneliotian tersebut
9. Karya ilmiah versi buku minimal 70 halaman format A5 dengan huruf, jenis huruf, dan margin disesuaikan dengan aturan penerbit
Sesi 2: Menulis Artikel Ilmiah untuk jurnal dari KTI
Terdiri 1. Struktur terdiri dari: Judul, baris kepemilikan, abstrak, kata kunci, pendahuluan, metodw, hasil dan pembahasan, simpulan, ucapan terimakasi, dan daftar pustaka.
2. Tinjauan Pustaka( literature review) tidak dicantumkan sebagai bagiandari struktur artikel. Pengutipan pustaka yang dianggap penting dapat dipadukandalam babpendahuluan atau pembahasan. Pengutipan pustaka dalam pembahasan seperlunya saja dan yang lebih diutamakan adalah pembahasan terhadap hasil analisis data yang ditemukan sendiri.
3. Panjang artikel lebih kurang 4000 kata atau lebih kurang 10-12 halaman termasuk gambar, grafik, atau tabel ( jika ada_) ( dengan spasi 1.5 spasi, font Time New Roman 12,ukuran kertas A4, format satu kolom, dan margin (top 2,54 cm, lrft 2,8 cm, bottom 2,54 cm, rihg 2,54 cm)
JUDUL
1. Singkat dan formatif, jumlah kata kurang dari 12. Hindari banyakkatapenghubung dan penyebutan objek, tempat atau bahan penelitianyang sangat terperinci.
2. Mengandung kata-kata kuncidari topik yang diteliti
3. tidak lagi menggunakan kata seperti analisis, studi, atautinjauan. Sebaiknyan merfupakan pernyataan dari peneliti tentang apa yang telah diperoleh
4. Judul jurnal tidak harus sama dengan judul skripsi/tesis/laporan penelitian
5. Hindari penggunaan singkatan, rumus dan rujukan.
Alhamdulillah..materi yang luar biasa untuk ilmu menulis karya ilmiah. sangat rinci sekali Bu Noraliya Purwa Yunita. dan untuk Bu Helwiyah yang dengan rinci menyampaikan pertanyaan dari teman-teman, terimakasih ilmunya.Barokalloh bermanfaat.
Bahagianya dapat berbagi
Palangka Raya, 25, Mei 2022
Rumiati
Mantep.. Lengkap resume bu Rum.. Wajah blog.. Pink2 ayu tenan 🥰
BalasHapusLatarnya segar.. resumenya mantal👍🏻🙏🏻
BalasHapusKereen resumex bu
BalasHapusTerimakasih Ibu2 atas jejaknya
BalasHapusBu Rumi ... Kenapa ya bolak2 tak tulis komennya tapi sll gak masuk ... Apakah signal saya ????
BalasHapusBagus banget Ibu resumenya,,senang ikut membacanya
BalasHapusAku suka loh sama tampilan blog nya ibu. Bikin myaman aja kalau di blig ibu.. Kereen loh bu
BalasHapus